Webinar Pertama yang Penuh Kesan dan Pengalaman

Berbagi pengalaman dan cerita kepada orang lain, khususnya soal pengolahan sampah, bisa dikatakan telah menjadi bagian dari keseharianku, walau tidak setiap hari bercerita, tergantung apakah ada orang yang mau bertanya.. xD. Namun bercerita di dalam sebuah seminar, wah, itu betul-betul suatu hal yang baru sama sekali bagiku.

Demikianlah pada zaman teknologi sekarang ini dikenal istilah webinar, yaitu seminar yang menggunakan teknologi internet (web) di dalam proses penyampaiannya. Pemberi materi berada di depan komputernya, sementara para pendengar (yang juga di depan komputer masing-masing) yang telah bersepakat mendaftar dan berkumpul pada sebuah forum atau chatroom, lalu terjadilah seminar melalui dunia maya. Interaksi pun terjadi antara pembicara dengan pendengarnya melalui internet.

Nah, itulah yang kemarin kujalani untuk pertama kalinya. Terima kasih kepada Mbak Lala dan Mas Aar dari Rumah Inspirasi yang memberikan kesempatan kepadaku untuk berbagi pengalaman seputar pengolahan sampah melalui webinar situs Bentang Ilmu.

Sebelum menyelenggarakan webinar, ternyata ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Materi di dalam kepala sih sudah ada, namun menuangkannya dalam bentuk ebook dan slideshow sungguh merupakan pengalaman yang baru bagiku. Bersyukur apa yang ingin kusampaikan memang merupakan sesuatu yang kujalani setiap harinya, maka semua dapat kuceritakan kembali, hanya saja dalam bentuk tulisan dengan ilustrasi gambar.

Dan webinar pertamaku pun dimulai. Secara umum, terasa agak tak biasa saja berbicara di depan layar laptop. Mungkin demikianlah perasaan para penyiar radio ya, seakan berbicara sendiri, padahal ada yang mendengarkan di ujung sana.

Pada saat webinar diadakan, Mbak Lala sebagai tuan rumah membuka acara dan kemudian turut serta di dalam sesi tanya jawab dalam paruh waktu yang terakhir. Ada 9 pendengar yang hadir saat webinar diadakan. Dan hal tersebut sungguh kusyukuri, karena berarti tidak terlalu banyak pertanyaan yang harus dijawab untuk webinar pertama ini ... xp.

Dan tanpa terasa, 1 jam kesempatan untuk bicara dalam webinar selesai. Dan sungguh aku bersyukur karena semua prosesnya telah berlangsung dengan lancar. Dan karena proses ini pula, setidaknya aku sudah punya simpanan slideshow dan ebook yang mungkin saja bermanfaat untuk kesempatan berbagi lagi dalam forum-forum sejenis di masa yang akan datang, kalau ada... :)

Sekali lagi terima kasih ya, Mbak Lala dan Mas Aar, atas kesempatan dan bimbingannya selama proses webinar ini. Terima kasih kepada Nur istriku atas segala dukungan dan supportnya. Dan terima kasih kepada teman-teman dari pendengar Bentang Ilmu yang telah turut menyimak apa-apa yang saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. Amin :)

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top