Menghadiri Seminar Allianz - Memahami tentang Asuransi Lebih Jauh

Hari Sabtu ini (18/10), aku mendapat kesempatan untuk menghadiri acara seminar yang diadakan oleh Allianz, salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Sebagai seorang yang sudah lama mendengar kata asuransi, baru beberapa hari terakhir inilah aku mendapatkan informasi yang cukup mendetil tentang apa dan bagaimana itu asuransi. Dimulai dari kedatangan Iqbal ke rumah untuk menjelaskan seputar produk asuransi Allianz dan berbagai benefit yang bisa diperoleh bila menjadi bagian dari perusahaan dengan menjadi salah satu agennya, lalu menghadiri acara yang diadakan oleh Allianz Star Network di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Bagiku, sungguh menarik bila mendengarkan cerita dari seseorang yang benar-benar mengalaminya sebagaimana saat mendengar Benson Lee mengisahkan pengalaman pertamanya berada di dunia asuransi sejak 30-an tahun yang lalu hingga hari ini. Benson Lee ini disebut sebagai penemu sistem yang kini diterapkan di Allianz. Dengan menggunakan bahasa Inggris, Malaysia dan Indonesia yang campur-campur, ditambah dengan gaya dan karakternya yang penuh semangat, sungguh seluruh penjelasannya dari awal sampai akhir sangat menarik untuk disimak.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan testimoni dari beberapa pegiat asuransi yang sudah berkecimpung lama di dalam dunia asuransi dan kini sudah memperoleh penghasilan yang begitu besar, buah dari kerja kerasnya selama ini seperti Khoe Wiwi Kurniawati, Daniel Jonathan, Sonny Arief dan Hendy Winata yang konon penghasilannya sudah mencapai lebih dari 1 milyar setahun dari bisnis asuransi ini. Dan kembali, sungguh menyenangkan mendengarkan pengalaman dari para ahli di bidangnya.

Setelah mendengarkan pemaparan Iqbal dan menghadiri acara Allianz pada hari ini seputar asuransi, aku menyimpulkan bahwa memiliki polis asuransi bisa dikatakan telah menjadi bagian dari kebutuhan manusia di dalam sistem keuangan yang berkembang di dunia pada saat ini. Ditambah lagi berbagai kemungkinan diri kita dan seluruh anggota keluarga terkena penyakit-penyakit berat yang akan membutuhkan banyak biaya, membuat proteksi dan kemudahan dalam hal pembiayaan saat menghadapi hal tersebut menjadi penting.

Maka pada hari ini, aku memutuskan untuk memiliki polis asuransi, setidaknya untukku dan istriku dahulu, tentu bila dananya sudah tersedia dan memungkinkan. Semumpung aku dan Nur masih dalam usia muda dan masih sehat. 

Tentu banyak produk asuransi yang ditawarkan di Indonesia pada saat ini, dengan berbagai macam biaya dan keuntungan-keuntungan yang terdapat di dalamnya. Sebagaimana asuransi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang akan menanggung seluruh biaya pengobatan hanya dengan biaya polis Rp 50.000 sebulan, tentu hal tersebut dapat menjadi salah satu opsi bagi siapa pun yang belum memiliki polis asuransi.

Salah satu keunggulan dari produk Allianz yang kuketahui adalah bila seorang nasabah terkena penyakit berat atau meninggal, biaya tersebut tidak diberikan kepada pihak rumah sakit, namun diberikan kepada rekening nasabah dengan jumlah yang telah ditentukan. Melalui perhitungan mereka, dana yang diberikan biasanya lebih besar dari nilai pengobatan yang dibutuhkan, sehingga dengan kelebihan dana tersebut, keluarga memiliki uang untuk biaya hidup mereka sehari-hari. Dengan demikian tidak hanya biaya pengobatan nasabah yang ditanggung, namun juga biaya hidup keluarga nasabah, yang bisa saja berkurang karena seseorang tak dapat lagi bekerja karena penyakit yang ditanggungnya.

Atas berbagai informasi dan pencerahan seputar asuransi yang kuperoleh, maka aku mengucapkan terima kasih kepada Iqbal yang telah menjelaskan panjang-lebar seputar sistem asuransi di Allianz, juga memberikan undangan eksklusif untuk menghadiri acara Allianz Star Network yang sarat pengetahuan.

Lalu, apakah aku tertarik untuk terjun pada bisnis asuransi dan menjadi salah satu agennya? Well, dari sisi penghasilan yang bisa dihasilkan, jujur aku agak tertarik untuk menekuninya. Tapi jujur saja, aku tidak memiliki jiwa marketing. Aku belum sampai kepada keadaan dapat berbicara kepada seseorang dengan maksud agar ia membeli sebuah produk dariku.

Maka saat ini, aku menyatakan kepada Iqbal bahwa aku bersyukur karena telah memberiku banyak sekali pengetahuan tentang asuransi. Dan dengan pengetahuan itu, aku dapat berbagi kepada siapa pun yang bertanya seputar jaminan atau perlindungan terhadap penyakit-penyakit berat yang bisa datang tak terduga, yang akan menjadi ringan pembiayaannya melalui sistem asuransi yang ada saat ini. Namun bila menjadi agen penjual produk asuransi, sungguh aku merasa belum berada di dalam jalur itu pada saat ini. 

Sekali lagi terima kasih ya Bal atas penjelasan dan undangannya. Dan terima kasih kepada Allianz yang telah membuat sebuah produk yang sungguh sangat bermanfaat bagi siapa pun yang membutuhkan perlindungan terhadap pembiayaan atas penyakit-penyakit berat yang bisa saja dialami. Bila keuangan sudah memungkinkan, mungkin saya dan istri akan menjadi nasabah Anda :)

 

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top