Kegiatan Pramuka Klub Oase - Mengenal Mata Angin dan Permainan Ketangkasan

www.graphicsfactory.com
Begitulah kalau belakangan bergabung ke Klub Oase, selalu ada hal-hal pertama yang dialami. Sebagaimana hari ini adalah pertama kalinya bagiku, Nur dan anak-anak mengikuti kegiatan Klub Oase di rumah salah satu anggota Klub Oase, Ibu Ari, di bilangan Kayu Putih, Jakarta. 

Jadwal kegiatan hari ini adalah kegiatan Pramuka. Dan karena kakak pembina yang biasa hadir kembali tidak dapat hadir, aku kembali mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu kepramukaan kepada anak-anak di Klub Oase. 

Materi yang kupilih hari ini adalah memperkenalkan arah mata angin kepada anak-anak. Bagiku, materi itu cukup penting untuk diketahui sebagai dasar bagi mereka di dalam pengenalan wilayah dan eksplorasi lingkungannya. 


Setelah istirahat sejenak, kegiatan dilanjutkan dengan permainan ketangkasan saling melompati satu sama lain untuk menuju garis finish. Ide permainan itu muncul karena melihat lapangan rumput yang cukup luas dan kondusif bagi anak-anak untuk berlompatan dan berjatuhan di sana. Dan kegiatan pramuka hari ini ditutup dengan bernyanyi bersama-sama. 

Acara dilanjutkan dengan menikmati fasilitas kolam renang yang terdapat di rumah Ibu Ari yang disambung dengan makan siang, lalu diakhiri dengan acara foto bersama. 


Di dalam perbincangan para ibu-ibu Klub Oase siang ini terkait dengan ketidakhadiran kakak pembina pramuka di dalam beberapa pertemuan terakhir dikarenakan sulit dihubungi atau berbenturan dengan jadwal kakak pembina yang lain, akhirnya diputuskan untuk menjadikan aku, Mas Sidiq, Mas Pras dan Mas Faisal (yang merupakan orangtua dari anak-anak di Klub Oase) sebagai 'kakak-kakak pembina' yang akan berbagi ilmu pramuka kepada anak-anak. 

Bagiku, aku bersyukur atas kepercayaan yang diberikan. Dan dengan bersama-sama para orangtua yang lain, semoga semakin kaya dan beragam ilmu yang tersampaikan dan bermanfaat tak hanya bagi anak-anak, namun juga bagi kami para orangtuanya, karena Klub Oase bukan klub homeschooling anak-anak saja, tapi adalah klub keluarga. Dari kita, oleh kita dan untuk kita … :) 

Olympus dan Yanthi sendiri terlihat menikmati suasana baru di rumah Bu Ari. Dengan langkah kecilnya, Yanthi terlihat bereksplorasi dan menikmati rerumputan. Sedangkan Oji sendiri terlihat asyik mengikuti pelajaran tentang mata angin. Hanya saja saat permainan ketangkasan, ia terlihat tidak ikut bergabung. Mungkin karena didominasi anak-anak yang lebih besar yang tidak terlalu dikenalnya, ia merasa belum nyaman bergabung dalam permainan tersebut. Mungkin lain waktu ya Ji :)    

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top