Memilah-milah Sebelum ke Bank Sampah

Hari Sabtu ini akan menjadi kedua kalinya aku ke bank sampah bila tidak ada aral melintang lainnya. Dan jujur saja, kegiatan memilah sampah sejak dari sampah dapur dan sampah kering saja sudah mengurangi begitu banyak volume sampah. Kini tahap lanjutannya adalah memilah sampah kering itu menjadi beberapa kategori agar lebih mudah penimbangannya saat di bank sampah nanti.

Pagi ini, aku melanjutkan pemilahan sampah kering ke dalam tiga kategori, yaitu plastik, duplek (karton-karton kemasan) dan kertas, karena ketiga hal itulah yang paling banyak di dalam sampah kering rumah tangga kami. Tak sampai 10 menit rasanya semua sampah selesai terpilah, hanya menyisakan beberapa sampah yang tak termasuk kategori yang ada seperti aneka botol-botol kaca.

Saat kulihat tiga karung yang sudah kupilah.... wuiih, banyak juga sampahku dua minggu ini. Bayangkan bila semuanya terbuang di bak sampah depan dan menumpuk lalu menjadi bau karena tercampur sampah dapur. Maka kehadiran komposter dan bank sampah di lingkunganku, juga semangatku untuk memilah sampah yang masih terjaga sampai hari ini, sungguh sangat kusyukuri :)

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top