Membuat Slideshow Tetap di Halaman Utama (Homepage)

http://www.gograph.com/
Mengutak-ngatik blog itu memang seru, walau kadang membuat agak pusing bila sudah berhadapan dengan aneka kode dengan nama-namanya yang ajaib itu ... xp ... Tapi bila sudah berhasil, benar-benar lega dan bahagia rasanya ... :D

Sebagaimana yang kualami saat memasang slideshow untuk blog ini. Biasanya aku menggunakan slideshow dari Nivo. Tapi entah kenapa, tidak keluar kode yang diharapkan saat akan dimasukkan ke widget Blogger-ku.

Bersyukur karena aku punya sahabat-sahabat senasib-sepenanggungan :p ... yang berbagi juga persoalan yang sama denganku di grup Digital Mommie di FB. Jadilah aku berpindah menggunakan slideshow dari Photosnack.

Setelah mengupload foto dan mendapat kodenya, dan dimasukkan ke dalam widget HTML/Javascript sebagaimana biasa, slideshow pun tertampilkan dengan manis (walau ada iklannya dulu beberapa detik... :D) Namun persoalan berikutnya adalah bagaimana membuatnya hanya berada di halaman depan, tidak di halaman-halaman lain.

Tidak menemukan jawaban di grup DM, aku mencoba mencari lewat Mbah Google. Browsing-browsing, ada beberapa situs berbahasa Inggris yang membahas tentang hal tersebut. Wew... tidak mudah menerapkannya. Jadi bersyukur deh aku bisa belajar bikin blog bersama Mbak Lala di Digital Mommie... karena betul-betul jadi gampang banget... :D  (promosi nih Mbak Lala ... :p )

Melalui proses pencarian itu, aku jadi mengetahui beberapa hal seperti mengenali ID sebuah gadget atau disebut sebagai Gadget-ID. Yaitu dengan cara masuk ke salah satu gadget yang kita inginkan dengan mengeditnya. Setelah terbuka jendela gadget tersebut, terlihat ada kode link di bagian atas tapi terpotong seperti di bawah ini:



Agar dapat melihat Gadget-ID-nya, silakan lebarkan jendelanya ke kanan sampai kodenya terlihat seperti di bawah ini:



Dengan berbekal kode HTML3 (karena posisi widgetnya ada di atas post-body), baru kita masuk lagi ke Template > Edit HTML. Di sana, kita cari kode HTML3 dengan menggunakan Ctrl/Cmmd-F di dalam kotak kodenya.

Setelah dapat, nah... saya mentok lagi nih. Karena di dalam situs yang saya baca, saya harus meng-uncheck yang namanya 'Expand Widget Templates'. Cari-cari di mana-mana nggak ketemu. Kayaknya Mbak Lala juga nggak pernah ngajarin :D ...

Akhirnya, kembali ke Mbah Google. Dan ternyata tidak lama cari keywordnya, sudah keluar apa yang mau saya tanyakan. Tandanya bukan saya sendiri yang kebingungan ... :p

Dan jawabannya adalah... ternyata di dalam versi Blogger yang terbaru ini, ada ikon segitiga hitam kecil yang ada di sebelah kiri kode dekat angka-angka yang bisa di-klik. Begitu di-klik, baru deh bisa dimasukkan kode agar slideshow-nya hanya ada di Homepage saja.


Setelah ikon segitiga itu di-klik, hasilnya kurang lebih seperti kode di bawah ini:

<b:widget id='HTML3' locked='false' title='Recent Posts' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>

<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>


Lalu, kita tinggal memasukkan dua kode di bawah ini:

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>

</b:if>


Posisinya, mengikuti situs yang saya lihat, yaitu untuk kode yang pertama tepat di bawah kode <b:includable id='main'>, sedangkan kode yang kedua tepat di atas </b:includable>. Jadinya kurang lebih seperti di bawah ini:

<b:widget id='HTML3' locked='false' title='Recent Posts' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>

<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>


Klik 'Save Template' lalu silakan cek hasilnya. Kalau belum berhasil, coba diulangi lagi prosesnya. Saya saja percobaan kedua baru berhasil :D ...

Begitulah, akhirnya slideshow Olympus dan Yanthi tetap berada di Homepage sebagaimana yang saya harapkan. Seru banget deh ngutak-ngatik blog, walau sempat pusing, tapi setelah berhasil langsung hilang pusingnya ... :D

Jadi, terima kasih kepada Mbak Lala dari Digital Mommie yang sudah memperkenalkan dan mengajarkan saya cara membuat blog dan sekarang mulai mencoba berbagi pengalaman dari kesulitan yang dialami. Terima kasih juga kepada Mbak Devi atas info slideshow dari Photosnack-nya, dan terima kasih kepada pemilik blog http://www.spiceupyourblog.com/2010/02/blogger-gadgets-home-page-only-post.html atas info membuat slideshow saya tetap di Homepage. Jadi kalau penjelasan di atas kurang jelas, silakan mampir ke blognya :D

Terima kasih juga kepada pemilik blog http://netoopsblog.blogspot.com/2013/06/expand-widget-template-option-in-newblogger-html-template-edior.html sehingga saya tahu dimana posisi 'Expand Widget Templates'.

Begitulah cara membuat slideshow tetap di halaman utama. Silakan mencoba. Semoga bermanfaat dan berhasil :)

CONVERSATION

2 comments:

  1. Alhamdulillah akhirnya sdh berhasil. thanks mz

    ReplyDelete
  2. wah, sip, perlu dicoba nih, main main diblog saya nih
    http://dunia-aitiku.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Back
to top