Hari Pertama Olympus Belajar Matematika: Mengenal Perkalian

www.sapulpaps.org
Pada hari pertama jadwal Olympus untuk belajar matematika bersamaku, materi yang kuajarkan adalah mengenalkan perkalian, karena Olympus kuanggap sudah cukup pandai menambahkan dan mengurangkan angka-angka sederhana. Dengan mempelajari perkalian, kuharapkan Olympus dapat memperluas wawasannya seputar hitung-menghitung benda di sekitarnya dan mengakrabkan dia dengan ucapat 'kali' yang niscaya akan sering didengarnya dalam kehidupan sehari-hari :)

Jadi teringat atas sebuah tulisan yang beredar di FB, mengenai anak usia di bawah 6 tahun yang sebaiknya tidak diajarkan calistung (baca, tulis, hitung) karena dapat berpengaruh kepada perkembangan mentalnya. 


Terkait dengan perkembangan Olympus, aku memutuskan untuk mengadopsi nilai-nilai positif yang kulihat di sekitarku, termasuk juga nilai positif dari tulisan tersebut. Jadi, Olympus akan tetap kuajarkan calistung, namun tidak ada target yang harus dikejarnya sebagaimana anak-anak yang sekolah formal pada umumnya. Biarlah dia mempelajari banyak hal di sekitarnya, termasuk calistung, namun dengan nyaman, mengalir sesuai dengan bakat dan minatnya. Amin... :)

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top