Menjaga Aset Utama Kita



Semakin hari, saya semakin meyakini bahwa aset utama yang perlu dijaga adalah kesehatan. Tubuh yang sehat ternyata adalah aset yang sangat berharga, yang perlu dijaga sejak dini.

Mengapa saya sebut sebagai ternyata? Karena seiring berjalannya waktu, terutama sejak memiliki mesin Leveluk SD501 di rumah dan mulai mempelajari segala hal terkait dengan kesehatan, lalu menemukan kisah2 dari orang2 yang mengalami sakit dan kini perlu mengeluarkan banyak dana untuk mengatasi penyakitnya (yang kebanyakan tak kunjung sembuh juga...), ya... betul2 kesehatan adalah aset utama yang perlu kita jaga bila ingin menjalani kehidupan ini dengan lebih bermanfaat dan lebih berbahagia.

Salah satu pola hidup yang selalu disebutkan di dalam berbagai informasi dan artikel untuk menjaga kesehatan adalah dengan olahraga. Dan olahraga yang paling mudah dan murah adalah jalan kaki. Ya, jalan kaki menjadi olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan. Tidak perlu lama2, cukup minimal 20 menit sehari, itu sudah cukup untuk menjaga kesehatan kita.

Dan itulah yang sedang kami jalani sekeluarga, minimal bersama istri tercinta setiap paginya. Saya pribadi merasakan kesegaran yang berbeda bila mengawali hari dengan jalan kaki setiap pagi. Menghirup udara yang masih segar dan mengeluarkan tetes-tetes keringat ternyata cukup berpengaruh terhadap ritme dan mood beraktivitas seharian. Bahkan tidur di malam hari pun terasa nyenyak dan alhasil badan terasa lebih sehat pada hari2 mendatang.

Rasa tubuh sebaliknya biasanya dirasakan saat mulai kendor rutin jalan paginya. Dan bila sudah sekali kendor, butuh perjuangan lebih kuat untuk mendatangkan niatnya kembali.

Untuk mengukur target harian, agar tidak terlalu berlebihan atau kurang, saya menggunakan beberapa aplikasi di telepon seluler, salah satunya adalah Endomondo yang potongan gambarnya ada di dalam foto. Ada juga aplikasi Pacer untuk mengukur jumlah langkah dalam satu harinya, dan berbagai aplikasi sejenis lainnya.

Ya, saya meyakini bahwa untuk segala hal ada harga yang harus dibayar, termasuk kesehatan. Tinggal memilih, mau bayar di depan atau bayar di belakang. Dan entah mengapa, kisah2 dari orang2 yang 'memilih' untuk membayar di belakang biasanya lebih tidak nyaman dan lebih mahal. Dan itu yang membuat saya memutuskan untuk membayar harga menjaga kesehatan ini di depan.

Kalau Anda?

Cipinang Muara, 20 Juni 2017

#NulisRandom2017
#HariKeduapuluh
#keluarganandito
#ChangeYourHabitChangeYourLife
#healthylifestyle

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top