Karakter Pemimpin yang Terlihat Sejak Dini

Salah satu aktivitas yang sedang sangat diminati Yanthi, 5 tahun, akhir2 ini adalah kegiatan memasak. Mulai dari membuat kue sampai menemani ayah atau mamanya memasak di dapur.

Di usianya yang beranjak bocah ini, Yanthi mulai menunjukkan sebuah karakter yang menarik, yaitu tidak akan berhenti sebelum apa yang ingin diwujudkannya tercapai. Seperti misalnya dalam memasak, dirinya bisa berkali-kali mengingatkan mamanya untuk membeli bahan kue. Kami mengibaratkannya seperti kaset rusak yang berulang-ulang disebutkan tanpa kenal lelah sampai hal yang diinginkannya terwujud.

Begitu pun saat memasak. Saat proses yang perlu dilakukan adalah sebuah hal yang belum dapat dilakukannya karena dianggap masih berisiko seperti menggoreng tempe, maka yang dilakukan Yanthi adalah berdiri di samping kami di depan kompor dan mendampingi proses menggoreng dari awal sampai selesai! Dan Yanthi begitu sigap bila diminta mengerjakan hal2 yang mendukung tujuannya tercapai seperti menata piring atau meminta tolong mengambil ini-itu.

Apakah ini yang disebut karakter leader yang terlihat sedari kecil? Mudah2an. Karena konon ada dua karakter dominasi yang berbeda, ada pemimpin dan ada pimpinan. Pemimpin atau leader: ikut terlibat di dalam proses sampai tujuannya tercapai. Pimpinan atau bos: menyuruh orang lain agar tujuannya tercapai namun tidak ikut terlibat di dalam prosesnya.

Nah, termasuk karakter yang manakah diri kita? Atau pertanyaannya diganti, bila ada yang memimpin kita, lebih pilih mana, dipimpin oleh pimpinan atau pemimpin, oleh seorang bos atau seorang leader?

"If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader" -  John Quincy Adams

Cipinang Muara, 18 Juni 2017

#NulisRandom2017
#HariKedelapanbelas
#keluarganandito
#homeschooling
#yanthi5yo
#cooking
#leadership

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top