Pengalaman Pertama Olympus Mengikuti Pramuka

Hari-hari bersama keluarga Mbak Lala, yang menjadikan Klub Oase sebagai salah satu kegiatan homeschooling bagi anak-anaknya, menjadikan hari-hari Olympus dan Yanthi menjadi lebih berwarna dan bervariasi. Sebagaimana hari ini (17/9) adalah hari dimana pertama kalinya Oji mengikuti kegiatan bersama dengan tema kepramukaan.

Sebagai salah satu peserta baru dan kecil (5 tahun) dibandingkan beberapa 'senior-seniornya', aku cukup salut dengan sikap Oji di dalam mengikuti sebuah hal yang menurutku baru di dalam kehidupannya. Mendengarkan pengarahan tentang Lord Baden Powell sebagai Bapak Pramuka Dunia di ruang terbuka niscaya tak dimengerti olehnya, tapi dia cukup anteng untuk mengikuti proses itu sampai selesai.

Acara pramuka hari ini dilanjutkan dengan pengenalan aba-aba baris-berbaris. Kembali aku salut dengan sikap Oji dalam mengikuti petunjuk-petunjuk baris-berbaris seperti sikap sempurna, hadap kanan, serong kanan, lencang kanan/depan, hormat, istirahat di tempat, dan sebagainya. Semua hal itu adalah hal yang baru didengar dan diikutinya. Walau terlihat kaku, aku melihat ia berusaha mengikuti semua pelajaran itu sampai selesai.


Bagiku, melihat Mas Dodi sebagai kakak pembina mengajarkan materi kepramukaan kepada anak-anak hari ini seakan membuka kembali kenangan masa-masa pramuka saat SD dan SMU dahulu. Pelajaran tali-temali, semaphore, morse, membaca sandi, mencari jejak, kemping, menyanyikan lagu-lagu pramuka... semua lintasan kenangan itu seperti muncul satu per satu di benakku saat melihat Olympus bersama teman-temannya yang mengenakan pakaian pramuka.


Semoga Olympus tetap bersemangat pada hari-hari belajar pramuka selanjutnya. Amin :)





CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top