Mengikuti Panen Raya Bersama Jakarta Berkebun

Aku menerima poster tentang Panen Raya 2015 bersama Jakarta Berkebun melalui media sosial hanya sehari sebelum acara. Tempat acara yang terletak di Apartemen Casa Goya, Kebon Jeruk, yang berjarak lumayan jauh dari tempat tinggalku di daerah Cipinang, membuatku tak menjadikan perjalanan ke sana sebagai prioritas di Minggu pagi, 14 Juni 2015, ini.

Namun semua rencana pada hari ini seperti terjadi begitu saja. Ada kendaraan yang bisa dipakai, dan sekaligus searah dengan undangan ke rumah sahabat di daerah Kebon Jeruk juga, membuat aku bersama Nur dan anak-anak memutuskan untuk berekreasi di Minggu pagi ini ke acara Panen Raya.

Perjalanan yang terhambat di daerah TPU Karet, Sudirman, karena kegiatan ziarah ke makam sebelum bulan Ramadhan, membuatku tidak terlalu optimis dapat ikutan panen raya. Acara dijadwalkan dimulai pukul 7 pagi, sedangkan pukul 8 masih terjebak macet… x(. Walau akan terlambat, kami menetapkan untuk tetap ke tempat acara, setidaknya untuk mengetahui tempat berkegiatan dari teman-teman Jakarta Berkebun.


Sudah lewat pukul 9 saat kami sampai di Apartemen Casa Goya. Sebuah kompleks apartemen di daerah Jakarta Barat yang kulihat masih banyak lahan yang belum dibangun dan ditata. Cocok sekali untuk dijadikan tempat bercocok-tanam.


Dan sampailah kami di tempat acara. Dan sungguh kami bersyukur karena kami belum ketinggalan mengikuti acara panen raya. Saat sampai, sedang diadakan sharing seputar membuat smoothies dari buah dan sayuran, sebuah hal yang akhir-akhir ini sudah biasa kami lakukan di rumah yaitu membuat raw juice dari tanaman sayuran yang ada di rumah, dikombinasikan dengan buah-buahan yang dibeli dari pasar.

Salah satu hal yang menyenangkan adalah pertemuan kembali dengan Pak Puji Nurwanto, penggiat Komunitas Depok Berkebun yang kutemui pertama kali di Gramedia Depok saat acara sharing dari Indonesia Berkebun. Dan kali ini inspirasi yang diberikan beliau adalah metode pembuatan komposter dari ember juga pembuatan instalasi vertikal dari pipa PVC yang bisa kucoba di rumah. Terima kasih untuk ilmu dan inspirasinya ya Pak Puji ^^d


Acara berlanjut ke lahan yang digarap oleh Komunitas Jakarta Berkebun. Terdapat aneka tanaman yang telah ditata pada grupnya masing-masing. Ada bayam, kangkung, zuccini, cabai, kenikir, sawi dan lain sebagainya. Sungguh suasana yang sangat menginspirasi untuk menggarap lahan sebelah rumah nih… =D

Dari nomor yang diperoleh, Nur mendapat tempat dan kesempatan untuk memanen kangkung. Jadilah kami merasakan suasana panen kangkung bersama para hadirin yang datang ke sana. Dan acara berlanjut dengan menikmati snack yang disediakan panitia sambil berbincang-bincang dengan teman-teman dari Jakarta Berkebun.

Kami memang tidak mengikuti acara sampai selesai karena harus melanjutkan perjalanan ke acara berikutnya. Namun waktu yang singkat itu telah memberikan begitu banyak kesan dan manfaat untuk kami yang sedang senang bercocok-tanam di rumah. Dan melalui acara ini, aku kembali melihat bahwa ternyata ada komunitas yang memiliki semangat yang sama dengan yang sedang kurasakan sekarang ini, yaitu semangat menanam dan berbahagia menikmati hasil panen dari tanaman yang ditanam dan dibesarkan sendiri.

Terima kasih, Pak Puji dan teman-teman Jakarta Berkebun, atas ilmu dan inspirasinya hari ini. Ditunggu event-event menarik selanjutnya ya. Semoga bisa hadir lagi. Amin… ^^d








Komposter karya Pak Puji

Instalasi vertikal karya Pak Puji

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top