Apa Tujuan Menjaga Kesehatan?



Berpulangnya sebuah jiwa kembali ke Sisi-Nya niscaya adalah hal yang biasa terjadi. Karena itu adalah bagian dari siklus semesta. Ada kelahiran, ada kematian.
.
.
Namun kabar wafatnya Ashraf Sinclair, suami dari sosok public figure Bunga Citra Lestari, menjadi pembahasan yang bermunculan di beberapa grup media sosial yang saya ikuti.
.
.
Wafat di usia 40 (usia yang akan saya jelang 2 tahun lagi) dengan rekam jejak kesehatan yang baik membuat muncul pertanyaan, "Apa yang perlu dilakukan agar terhindar dari meninggal mendadak di usia muda?"
.
.
Dengan serangan jantung yang dikabarkan menjadi pemicu, membuat info2 seputar detak jantung, cardiac attack dan heart attack menjadi pembahasan2 yang menambah referensi.
.
.
Bersyukur ada sahabat dokter spesialis jantung di grup angkatan SMA yang memberikan sudut pandang mengenai serangan jantung ini dimana saya perlu membaca referensi2 yang diberikan beberapa kali lagi agar bisa lebih memahaminya 😆
.
.
Dan dari semua pembahasan, saya menarik sebuah kesimpulan bahwa menjaga kesehatan bukan untuk memperpanjang umur, karena panjangnya usia bukan manusia yang mengatur. Demikian pula sebab meninggalnya. Kecelakaan, serangan jantung, bencana alam, adalah sebagian dari penyebab2 kematian yang tidak direncanakan.
.
.
Di sisi lain, ada manusia yang mengalami sakit berkepanjangan karena pola hidup yang dijalani. 'Normalnya' sudah harus meninggal karena penyumbatan yang menimbulkan penyakit di mana2, namun tidak kunjung meninggal karena jatah usianya masih ada. Bertahun2 terbaring di tempat tidur dan hidup dari bantuan orang lain tanpa bisa melakukan hal positif lain sebagai timbal baliknya.
.
.
Maka, saya berkesimpulan bahwa menjaga kesehatan adalah untuk merawat organ2 tubuh ini agar dapat terus digunakan dengan optimal.
.
.
Untuk apa menjaganya dengan kegiatan2 yang merepotkan dan menyakitkan seperti olahraga, mengurangi karbo dan gula, investasi di mesin ionisasi air untuk membuat air minum yang bersifat basa dan kaya antioksidan, atau memasang instalasi hidroponik dan berkebun untuk mendapatkan sayuran yang segar dan bebas pestisida? Untuk apa?
.
.
Saat menuliskan ini, Yanthi (8 tahun) duduk bersama di tempat saya menulis dan bertanya baanyak seputar hamster dan hewan peliharaan, apa pelajaran kehidupan yang bisa diambil dari memelihara hewan, dan saya memutuskan untuk menunda melanjutkan tulisan saya, meletakkan gawai, mendengarkan kata2nya dan menatap mata penuh antusiasnya dengan sepenuh hati untuk menikmati momen ini.
.
.
Ya, sepertinya inilah tujuan dari menjaga kesehatan agar dapat menikmati momen2 bersama keluarga tercinta dan sahabat terkasih dengan leluasa.
.
.
Ya, sepertinya inilah tujuan menjaga kesehatan agar dapat memberi manfaat yang lebih kepada lingkungan dan sesama makhluk hidup, karena melalui perantara mereka saya masih bisa hidup dan bernafas pada hari ini.
.
.
Jadi bukan untuk memperpanjang usia. Itu kesimpulan saya.
.
.
Dan impian tetap memiliki tubuh yang sehat di usia berapa pun yang Tuhan berikan menjadi semakin kuat.
.
.
Turut berbelasungkawa atas berpulangnya Ashraf Sinclair. Dan terima kasih atas segala kebaikan yang telah menjadi inspirasi dan pelajaran bagi kami pada hari ini 🙏
.
.
Cipinang Muara, 20 Februari 2020
.
.
#selfreminder
#catatanharianAndito

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top