Membangun Bonding Melalui Membacakan Cerita Sebelum Tidur

BONDING
.
.
Waktunya tidak lama. Sekitar 15-30 menit per malamnya.
.
.
Membacakan cerita setiap malam sebelum tidur setelah berdoa bersama menjadi sebuah kebiasaan yang ingin kami bangun. 
.
.
Lebih tepatnya ingin saya bangun, karena kalau Oji sepertinya tidak pernah absen menunggu dibacakan cerita sebelum tidur. Nah, sayanya ini yang ternyata perlu memantapkan diri untuk dapat hadir sepenuhnya pada momen2 tersebut. 
.
.
Karena terkadang momen itu terlewat saat ada tenggat waktu pada malam itu yang perlu diselesaikan, atau saat saya tidak bisa membacakan satu bab penuh karena antara mata dan mulut sudah tidak bisa disinkronkan lagi 😆
.
.
Namun itulah momen bonding yang ingin saya bangun bersama anak2. Harapannya, terbangun momen2 bermanfaat yang tak terlupakan, yang terekam di alam bawah sadar mereka, bahwa melalui momen2 inilah mereka ditanamkan nilai2 moral keluarga dan universal.
.
.
Dan tak terasa sudah lebih dari 5 mini novel selesai dibacakan. Kisah2 petualangan detektif STOP, lalu karya2 Enid Blyton dan Ernst Hemingway, ada di antaranya. 
.
.
Dan kini, kami sedang mulai menyelesaikan novel Laskar Pelangi. Salah satu kisah sarat pembelajaran tentang makna pendidikan, rasa syukur dan perjuangan. 
.
.
Melalui membacakan cerita sebelum tidur, Oji di antaranya diajak untuk belajar bernarasi, membaca dengan intonasi agar terdengar lebih menarik, serta mengenali kosakata2 baru. 
.
.
Jadi, semangat, diriku!!! 😆💪💪
.
.
#keluarganandito 
#oji10yo 
#bonding
#parenting
#homeschooling 

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top