Pernah Dengar tentang Donor Apheresis?

Sebetulnya aku sudah menulis cukup banyak tentang acara sosialisasi Donor Apheresis yang diadakan oleh Palang Merah Indonesia di Restoran Handayani, Matraman, pada 6 Juni 2015 yang lalu. Apa daya tiba-tiba HP bermasalah sehingga semua data catatan terikut hilang karena HP harus diset ulang. Pelajarannya: back up data penting secara berkala dan cari aplikasi yang mendukung hal tersebut... x(
Maka dalam tulisan ini, mungkin akan terlewat detil-detil seputar acara sosialisasi tersebut. Aku hanya dapat mengingat beberapa hal yang menurutku penting dan menarik, yang kuperoleh dari acara itu.
Berawal dari salah satu kegiatan rutinku, yaitu selalu mengupayakan mendonorkan darah setiap 3 bulan sekali. Gedung PMI Pusat di Kramat, Jakarta Pusat, selalu menjadi pilihan karena fasilitas dan waktu operasionalnya yang 24 jam.
Namun pada hari itu, ada pemandangan berbeda di PMI, yaitu hampir seluruh ruangan di lantai bawah sedang direnovasi. Dan terdapat petunjuk kalau aktivitas pengambilan darah dilakukan di lantai 5. Di sanalah aku pertama kali membaca istilah 'Donor Apheresis'. Dan petugas yang menjaga mempersilakan aku untuk datang di acara sosialisasi yang diadakan PMI.
-------
Tibalah aku di Restoran Handayani, Matraman. Aku datang bersama anakku, Olympus yang berumur 5 tahun. Acara sudah berjalan saat aku datang. Ada seorang pembicara sedang menjelaskan seputar donor darah, peralatan yang digunakan dan manfaatnya bagi tubuh.
Acara berlanjut kepada penjelasan mengenai Donor Apheresis. Apheresis sendiri berasal dari bahasa latin yang bermakna mengambil. Maka yang diambil hanya sel darah putih dan trombosit saja, sedangkan sel darah merah dikembalikan ke dalam tubuh menggunakan mesin khusus.
Proses pendonorannya pun berlangsung selama 1 jam, lebih lama dari donor darah merah yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Walaupun lebih lama proses pendonorannya, namun tubuh sudah dapat mendonorkan lagi hanya berselang 2 minggu saja.
Sungguh aku bersyukur mendapat kesempatan untuk mengetahui lebih banyak seputar Donor Apheresis. Bagiku, bila dapat mendonorkan darah 2 minggu sekali, artinya aku mendapat kesempatan untuk bisa membantu orang lain lebih banyak lagi. Semoga dapat selalu sehat. Amin... :)
#latepost #donordarah #apheresis

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top