Yanthi dan Ucapan Alphabet Pertamanya

Saat ini, putriku Yanthi berusia 1 tahun 8 bulan. Salah satu kegiatan sehari-harinya adalah menyaksikan video alphabet di Youtube seperti lagu-lagu Phonics Songs dari KidsTV123 atau ABC Song dari Super Simple Songs. Kalau sudah menyaksikan alphabet yang muncul, Yanthi bisa terpaku di hadapan layar selama bermenit-menit. Cukup efektif untuk menemaninya makan atau menyibukkannya sementara ayah-mamanya harus meninggalkannya karena kesibukan masing-masing.

Setelah beberapa minggu melihat video-video tersebut, kini giliran kami yang terkejut saat mendengar dari mulutnya saat menunjuk kertas besar berisi huruf-huruf alphabet. Awalnya hanya huruf-huruf satu kata seperti 'bi' (B), 'es' (S), 'di' (D) yang diucapkan Yanthi sambil menunjuk huruf-huruf lain sekenanya. Kadang tepat, kadang meleset. Namun yang paling membuat ayah-mamanya terkejut adalah saat dia mengucapkan kata 'dabel yu' dengan sangat jelas sambil menunjuk huruf 'W' di kertas. Dan hal tersebut terjadi beberapa kali, menunjukkan bahwa itu bukan kebetulan.

Kembali aku bersyukur kepada Tuhan karena dapat mengikuti proses tumbuh kembang Yanthi yang begitu menyenangkan. Demikian tulisan ini kutuangkan demi mengabadikan setiap kenangan atas perkembangannya yang akan berlalu seiring berjalannya waktu. Karena tanpa disadari tahun demi tahun berlalu, sebagaimana saat ini kakaknya Yanthi, Olympus, yang sudah berusia 4 tahun sudah pandai bicara dan bisa mengenal huruf walau belum bisa mengejanya, pernah melewati masa-masa seperti itu juga. Sungguh semua adalah proses tumbuh-kembang mereka yang sangat kunikmati dan kusyukuri... :)


CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top