Makan Bersama


Saat makan adalah salah satu momen dimana aku dan suamiku bisa mengajarkan dan mengenalkan kepada anak-anak kami sopan santun, berdoa sebelum makan, bagaimana meminta makanan yang baik, belajar duduk yang tertib dan tidak lari-lari saat makan.

Bersyukur dari Olympus kecil, kami sudah terbiasa makan dengan cara table manner, doa bersama sebelum makan, dan anak-anak juga terlihat menjadi lebih anteng dan mereka jadi tahu bahwa waktu makan adalah sesuatu yang harus disyukuri. Karena, ternyata, kebiasaan makan yang baik yang kami ajarkan kepada anak-anak selama ini, ternyata ada pengaruh baiknya loh. Baru terasa kalau kita membawa anak-anak pergi dan makan di luar rumah.

Pernah suatu hari kami sekeluarga pergi berkunjung ke rumah teman dan di sana kami diajak makan siang bersama. Teman kami itu sampai terheran-heran karena melihat Olympus yang baru berumur 3 tahun bisa anteng duduk di kursi saat doa makan bersama sampai selesai, lalu duduk makan dengan tenang sambil berusaha memegang sendok dan garpu sendiri, tidak lari-lari sebagaimana anak-anak seumuran dia pada umumnya. Mereka sampai bertanya bagaimana cara kami mengajarinya sehingga Olympus bisa anteng seperti itu? Biasanya kan anak-anak yang lain suka lari-lari dan teriak-teriak saat makan. He he he awalnya yang namanya anak-anak pastinya sih nggak bisa duduk diam dan butuh proses untuk bisa duduk manis saat makan, tapi lama-lama kalau kita bersabar dan terus memberi
contoh, lama-lama anak-anak juga akan terbiasa kok :)

Sumber image: klikunic.net


CONVERSATION

1 comments:

Back
to top