Memotivasi Olympus untuk Belajar


Olympus kini sudah berusia 4 tahun 2 bulan. Aku melihat minatnya akan berbagai hal sudah semakin banyak. Mulai keinginannya untuk membantuku menyupir mobil, membantu mencuci pakaian, sampai menceritakan film kartun yang ditontonnya dengan penuh antusias. 

Aku memilih untuk mulai memperkenalkan angka dan huruf pada usianya ini, namun tidak memaksanya untuk belajar menyelesaikan suatu persoalan. Karena terlihat begitu dia jenuh, buntu dan buyarlah apa-apa yang sudah dipelajari dan terlihat sudah dikuasainya. Dari sanalah aku melihat bahwa harus ada sesuatu yang memotivasi dirinya untuk dijadikan semacam 'reward' atau penghargaan atas upayanya mengenal huruf dan angka. 

Apakah minat Olympus? Saat ini yang terlihat adalah senang menonton film kartun dan bermain game di laptopku. Awalnya aku membiarkan dia untuk menonton atau bermain game sesukanya, karena di satu sisi dia jadi punya kegiatan sehingga aku dan istriku bisa menyelesaikan tugas kami masing-masing dengan lebih tenang. Namun aku melihat dia menjadi seperti terlalu asyik dengan kegiatannya tersebut. Maka jadilah kedua hal itu kujadikan hadiah bila dia dapat menyelesaikan beberapa soal berhitung dari IXL yang sesuai dengan kemampuan dia. Begitu pula bila dia dapat mengeja huruf-huruf yang kuperlihatkan. Jadi, aku berusaha memberikan kedua input pada saat yang bersamaan, yaitu belajar dan bermain. 

Sampai saat ini, terlihat Olympus masih dapat mengikuti dan menuruti sistem belajar sambil bermain yang kuterapkan. Nanti akan kita lihat sampai di mana perkembangannya. Semoga Olympus dapat tumbuh menjadi anak yang tak hanya berakhlak mulia, namun juga cerdas. Amin… 

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top