PELAJARAN TERTINGGI

PELAJARAN TERTINGGI


Apakah salah satu pelajaran tertinggi di dalam kehidupan ini? Bagi saya, salah satunya adalah menerima kehilangan. Dan itulah yang telah dialami Oji dan Yanthi dua hari terakhir ini. 

Sungguh kami tidak menyangka bahwa dua hamster berbeda ras yang ada di rumah, Pika (winter white) dan Pappy (white campbell) bisa memiliki keturunan 5 hamster hibrida yang cenderung bercorak seperti Pika, ayahnya.  

Berkat kedua hamster itu, hari-hari Oji dan Yanthi menjadi ceria. 7 bulan masa pandemi dan berkegiatan #dirumahaja menjadi terasa menyenangkan karena di antaranya diisi dengan membersihkan kandang hamster, mengganti serbuknya, mengamati tingkah laku hamster sambil sesekali digendong dan diajak main. 

Tak menyangka Pappy ternyata mengalami hamil dan melahirkan 3 anak, lalu menyusul 2 anak 20 hari kemudian. Sejak hamil, Pappy cenderung menjadi suka menggigit dan sangat protektif terhadap properti di kandangnya. 

Sifat induk yang natural itulah yang sepertinya juga membuat kelima anaknya tumbuh dengan bersih dan sehat. 

Ya, Pappy hamster kami yang lucu, gesit, kuat dan galak, telah menghembuskan nafas terakhirnya kemarin. Tak ada gejala dari jauh hari, seharian kemarin Pappy terlihat lemas. Kami pindah ke kandang isman (isolasi mandiri), dan di sanalah kami melihat detik-detik terakhir kehidupan Pappy. 

Tangis keduanya tak dapat ditahan. Segalak-galaknya Pappy, ia adalah hamster kesayangan mereka. Dan melalui Pappy, Oji dan Yanthi sedang menjalani dan mengalami pengajaran tertinggi di dalam kehidupan: MENERIMA KEHILANGAN. 

Menyaksikan jasad Pappy dikubur menjadi puncak pelepasan atas kehilangan mereka. Kini, terkadang mereka masih teringat Pappy bila melihat anak-anaknya, melihat titik kuburnya, melihat roda tempat Pappy suka berolahraga. Sampai kapan? Biarlah waktu berlalu dan menyembuhkan. 

Terima kasih, Pappy, untuk keceriaan dan pelajaran kehidupan yang diberikan. Selamat melangkah ke cerita hidupmu yang selanjutnya. 

Bila rindu Pappy, maka video ini menjadi penghibur bagi kami. 


RIP, Pappy 😊🙏🌱

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top